Tujuh Keunggulan Bisnis Online

. . 1 comment:

Bila anda suka browsing, tentunya anda mengetahui bahwa perkembangan bisnis online semakin hari semakin meningkat. Banyak orang yang sebelumnya bekerja secara offline mulai melirik dan menjadikan bisnis online sebagai bisnis sampingan mereka. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang akhirnya beralih profesi dan memutuskan menjadi pebisnis online sepenuhnya.

Fakta lain yang sangat menarik adalah bahwa bisnis online ini bukan hanya dijalankan oleh golongan tertentu saja. Sebaliknya, pelaku bisnis online ini mencakup berbagai golongan, dari para remaja sampai orang tua, dari murid SMP sampai para sarjana, dari ibu rumah tangga sampai kaum profesional.

Pertanyaannya, apa yang membuat bisnis online begitu menarik untuk dijalankan? Mengapa banyak orang beramai-ramai mencoba peluang bisnis ini?

Berikut ini adalah 7 (tujuh) keunggulan bisnis online yang membuatnya sangat menarik untuk dijalankan:

1.
Bisnis online Itu fleksible. Berbeda dengan bisnis offline yang terikat waktu dan tempat, bisnis online dapat anda jalankan kapanpun dan di manapun sesuka anda. Syaratnya hanya satu: Anda harus memiliki komputer/laptop yang terkoneksi dengan Internet. Bila tidak, terpaksa anda harus menjalankannya di warnet.
2.
Modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis online jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis konvensional. Anda dapat memulai bisnis online anda hanya dengan bermodalkan sebuah komputer/laptop, koneksi internet, domain dan hosting gratis, serta berbagai tool gratis yang tersedia di internet. Selanjutnya, bila anda ingin mengembangkan bisnis online anda ke arah yang lebih professional dan memilih untuk membeli domain dan hosting serta menggunakan tool-tool berbayar lainnya, modal yang harus anda keluarkan tetap jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan modal membangun bisnis konvensional.
3.
Bisnis online itu sederhana. Saya katakan sederhana karena bisnis online pada dasarnya hanya terdiri dari 3 (tiga) hal, yaitu produk, website, dan trafik. Bila anda tidak punya produk, anda dapat menjual ruang iklan di website/blog anda (Blog Monetization) atau menjualkan produk orang lain (Affiliate Marketing). Bila anda tidak mengerti bahasa pemrograman, anda dapat menggunakan Wordpress, Joomla, atau CMS-CMS lainnya untuk membangun website anda. Sisanya adalah mendatangkan banyak pengunjung/trafik ke website/blog anda.
4.
Bisnis online memiliki pasar yang sangat luas, yaitu seluruh pengguna internet baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Semakin hari jumlah pengguna internet semakin bertambah. Artinya, semakin hari prospek bisnis online semakin meningkat. Dengan demikian peluang sukses anda dalam bisnis online juga semakin bertambah besar.
5.
Potensi penghasilan yang dapat anda peroleh dari bisnis online tidak terbatas. Karena jangkauan pasarnya sangat luas, maka potensi penghasilan yang mungkin anda dapatkan pun sangat besar. Anda bukan hanya akan menerima pembayaran dalam rupiah, tetapi juga dapat menerima pembayaran dalam dollar.
6.
Bisnis online dapat diotomatisasi. Anda tidak harus selalu online 24 jam setiap hari untuk mempresentasikan produk anda dan melayani calon prospek anda, karena anda dapat menggunakan beberapa tool untuk mengotomatisasikannya. Website anda juga akan terus online sekalipun anda offline.
7.
Dalam bisnis online anda adalah bosnya. Ya, andalah yang berkuasa. Anda berhak mengatur kapan anda mau bekerja dan kapan anda mau libur. Anda sendiri yang membuat peraturan bagi diri anda dan bagi bisnis online yang anda jalankan. Walaupun demikian, tetaplah disiplin, karena bagaimanapun juga, besarnya hasil yang anda dapat akan selalu berbanding lurus dengan besarnya usaha yang anda lakukan.

Itulah 7 (tujuh) keunggulan bisnis online yang saya ketahui. Keunggulan-keunggulan itu pula yang membuat saya tertarik menjalankan bisnis online dan tetap bertahan hingga kini. Bagaimana dengan anda?

1 comment:

  1. Artikel yang bagus..
    Bisnis online memang sangat fleksibel dan 6 keunggulan lainnya, namun perlu dicatat juga bahwa dalam bisnis online memerlukan keuletan dan motivasi yang tinggi untuk menjalankannya..

    ReplyDelete

Kamu Dapat Memberi Komentar Disini,,